INVITA 2019

Halo! Kali ini saya akan menceritakan tentang kegiatan yang saya lakukan, yaitu INVITA atau Industri Visit dan Tafakur Alam. Kegiatan itu diadakan pada hari Selasa, 8 Oktober 2019. Menurut jadwal yang sudah ditetapkan, pertama kita akan berkumpul di stasiun gambir kurang lebih jam 18.00 dan kereta berangkat sekitar pukul 20.00. Karena hal itu, paginya kita tidak berangkat sekolah ^-^!

Pukul 16.30, aku berangkat mengenakan baju angkatan dari rumah menuju ke stasium gambir dengan diantar supir dan ibuku. Perjalanan memakan waktu skitar satu jam-an(?). Lalu aku sampai di stasiun gambir pukul 17.30, saat sampai disana, sudah banyak anak Labschool yang berkumpul. Bukan cuman satu atau lima orang, bahkan puluhan. Anak Labschool memang rajin-rajin.
Beberapa waktu berlalu dan sekarang sudah pukul 20.00, setelah berbagai macam briefing tentang peraturan di kereta dan lain-lain, akhirnya kami masuk ke dalam kereta. aku masuk ke gerbong ku yaitu gerbong 8. Kita duduk sesuai kursi yang tertulis di tiket. Walau begitu sudah banyak anak-anak yang duduk tidak sesuai tiket dan duduk di sebelah temannya. Padahal sudah diberitahu bahwa kita belom boleh pindah kursi sampai petugas datang atau menunggu 30 menitan tapi tidak ada yang peduli :/. Beberapa jam berlalu dan waktu sudah menunjuk waktu 04.30 an dan kita sudah hampir sampai di stasiun Solo Balapan. Selagi menunggu sampai ke stasiun, kita dipersilahkan untuk salat shubuh terlebih dahulu.

Kita pun tiba di stasiun Solo Balapan, setelah itu kita berangkat untuk menaiki bis menuju tempat makan kita. Disana kita mandi(optional), ganti baju menjadi baju batik, lalu makan. Di hari itu ternyata ada yang berulang tahun, yaitu Anit, Anet, Anjani, atau masih ada satu orang lagi aku tidak tahu. Setelah itu kita menuju museum sangiran dan disana kita belajar mengenai manusia purba. Setelah itu kita menuju ke PT.Sri Rejeki Isman atau SRITEX. Disana kita diperlihatkan sebuah pabrik baju. Kami diajak berkeliling pabrik mereka tetapi kita tidak boleh merekam karena beberapa hal. Setelah itu kami dipersilahkan untuk belanja disana. Kita dapat membeli baju, tas, topi
, dan juga kain mentah dengan corak batik atau lain-lain. Setelah itu kami naik ke bus untuk menuju ke hotel yang memakan waktu lumayan lama. Beberapa jam kemudian kami pun sampai ke hotel tujuan kami yaitu hotel cavinton. Hotel tersebut memiliki fasilitas yang bagus, ada kolam renangnya juga, dan yang terpenting wi-fi gratis yang gak lemot. Saat sampai kita mem packing barang-barang kami lalu mandi dab shalat bagi yang belum karena sebelumnya di tempat makannya, beberapa dari kamu sudah shalat dengan menjamak. Sialnya koperku tertukar dengan temanku karena bentuk koper kita sama. Beruntung aku bertemu dengannya beberapa saat setelah itu. Setelah itu kami pun tidur untuk persiapan esok hari. Diberitahu kita tidak boleh berisik diatas pukul 23.00 tapi aku rasa masih ada banyak yang melanggarnya.

Esoknya setelah morning call, kami shalat subuh bagi yang mengerjakannya lalu turun kebawah untuk sarapan. Saat aku sampai dibawah ternyata juga ada rombongan dari sekolah lain jadi tempatnya agak ramai. Saat di restorannya, ternyata tempatnya sudah penuh, Taoi pada akhirnya aku menemukannya lalu makan. Setelah bersih-bersih, kami melakukan perjalanan menuju gunung bromo. Sesampainya di gunung merapi, kita menaiki sebuah mobil jeep yang maksimal dinaiki 4 orang ditambah supir. Tujuang pertama kami adalah museum rumah bekas peninggalan erupsi dan merupakan rumah Mbah Marijan. Tujuan selanjutnya adalah batu Alien. Batu tersebut berasal dari letusan guung merapi dan bentuknya menyerupai wajah manusia. Selanjutnya kami menuju bunker kaliadem. Bunker tersebut merupakan tempat evakuasi bila terjadi erupsi gunung merapi.

Setelah itu ISOMA dan kita menuju ke Pentingsari untuk membatik. Setelah membatik kita menuju ke tebing breksi. Pemandangan disitu sangatlah indah. Kita berada disana dari jam 16.00 sampai 17.30. Setelah itu kita menuju malioboro! Disitu kita dapat belanja banyak hal mulai dari gantungan kunci, batik, tas, pernak-pernik, makanan, minuman, dan lain-lain.Sayangnya tempat yang boleh kami jelajahi dibatasi demi keamanan kami. Setelah waktu habis kita kembali menuju hotel untuk istirahat. Kesikan harinya kami ISOMA lalu persiapan check out setelah itu berangkat menuju ke Candi Borobudur lalu ke tempat belanja oleh-oleh seperti bakpia java dan dagadu. Setelah itu kami menuju stasiun Tugu untuk kembali ke Jajarta. Kereta berangkat jam 20.00 dan sampai jam 04.00 an.

Itu merupakan perjalanan yang sangat melelahkan dan menyenangkan. Saya berterimakasih kepada travel agent kusuma karena berkat mereka perjalanan ini berjalan dengan lancar. Anggotanya juga ramah-ramah jadi sangat membantu!